SELAMAT DATANG DI MTs DARUL MUKHLASIN

Pramuka MTs Darul Mukhlasin

                                            
Tim Pasus MTs Darul Mukhlasin



Motivasi dalam pendidikan mungkin masih menjadi hal yang sepele ,akan tetapi kita sebagai seorang pembina pramuka sekaligus sebagai tenaga pendidikan tidak boleh mengabaikan hal tersebut . tentunya kita bertanya-tanya  mengapa usaha motivasi sangat penting bagi seorang pembina atau praktisi pendidikan ? sebagaian pakar pendidikan telah menelan banyak wacana dalam dunia pendidikan , dimana seorang guru atau pembina pramuka tidak hanya bisa mengajar namun dia juga dituntut untuk menumbuhkan semangat dan tekad dalam nenuntut ilmu. contohya saja pentingnya motivasi dalam pembelajaran pramuka , dalam pencapayan tingkat pramuka dari tingak bantara sampai laksana ,biasanya anggota pramuka untuk mencapai ke target tersebut banyak kendala mulai dari menyepelekan sampai malas untuk menggapainya . maka dari itu tugas pembinalah yang harus berperan aktif menjadi mitivator.


Nah oleh karena itu, Sebagai seorang kakak atau seorang pembina pramuka , kita memiliki tanggung jawab dan tugas yang harus kita emban sesuai dengan profesi kita . tugas utama yang paling penting dan harus disadari bagi seorang pembina di gugus depannya adalah memajukan prestasi anak didiknya, dan mencetak tiga aspek kecerdasan pada anak didiknya diantaranya , kecerdasan emosional ,  kecerdasan intelektual , kecerdasan spiritual.

 Dalam pencapayan target ketiga aspek tersebut .seorang pembina haruslah memiliki dasar acuan dan ancang - ancang langkah untuk mencapai tujuan tersebut . ada banyak cara agar tujuan tersebut tercapai di antaranya , melaksanakan evaluasi pembelajaran , penilayan potensi akademik , dan yang paling banyak dilupakan oleh seorang pendidik adalah memotivasi anak didiknya dalam tujuan untuk meningkatkan potensi akademiknya .




Mengetahui hasil belajar bisa dijadikan sebagai alat motivasi belajar anak. Dengan mengetahui hasil belajarnya, siswa akan terdorong untuk belajar lebih giat. Apalagi jika hasil belajar itu mengalami kemajuan, siswa pasti akan berusaha mempertahankannya atau bahkan termotivasi untuk dapat meningkatkannya.


Apabila ada siswa yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik, maka perlu diberikan pujian. Pujian adalah bentuk reinforcement yang positif dan memberikan motivasi yang baik bagi siswa. Pemberiannya juga harus pada waktu yang tepat, sehingga akan memupuk suasana yang menyenangkan dan mempertinggi motivasi  belajar serta sekaligus akan membangkitkan harga diri.


Maka dari itu seorang pembina pramuka harus memberikan motivasi kepada anak didiknya dan harus menjadi mitivator untuk anak didiknya yang lebih baik.

 Tetap Semangat Pramuka dan Pembina Pramuka MTs Darul Mukhlasin .
 

1 komentar :